lomba fotografi dan film pendek (30 Juni 2009)

Direktorat Pendidikan Madrasah, Departemen Agama (Depag) menyelenggarakan lomba fotografi dan film pendek. Lomba bertujuan mengajak masyarakat peduli terhadap madrasah, mendapatkan foto-foto yang representatif dan beragam seputar dunia madrasah, di samping menumbuhkan kreativitas dan mendorong siswa memungsikan teknologi untuk tujuan yang positif dan bermanfaat.

Lomba fotografi terbuka untuk umum, bertemakan ‘Dinamika Madrasah’. Peserta boleh mengirim lebih dari satu foto, masing-masing diberi judul beserta keterangan singkat tentang obyek foto. Hasil cetak foto (hard copy) dikirim minimal tiga lembar untuk setiap foto ukuran 4-R, disertai file soft copy (hasil scan untuk foto yang berbasis non-digital).

Foto yang diikutkan dalam lomba merupakan karya sendiri, dikirim paling lambat 30 Juni 2009 (stempel pos) dengan menyertai nama pengirim, alamat jelas, nomor HP, telepon rumah atau kantor, dan e-mail. Semua foto yang dikirim menjadi milik penyelenggara. Sepuluh finalis akan diundang saat pengumuman dan penyerahan hadiah pada acara Ekspo Madrasah di Kota Malang, Jawa Timur, Juli 2009.

Kriteria foto yang dilombakan antara lain menginformasikan seputar kegiatan dunia pendidikan madrasah baik intra maupun ekstra, termasuk stakeholder madrasah secara umum; memenuhi syarat-syarat teknis forografi yang baik seperti sudut pengambilan; memiliki fokus cerita, informasi, sudut pengambilan, kesan, pesan dan misi yang mudah dipahami; dan faktual, jujur, memiliki momentum, sesuai dengan kenyataan yang sesungguhnya.

Panitia menyediakan hadiah berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, Rp 5 juta, dan Rp 3 juta kepada pemenang pertama, kedua, ketiga, dan pemenang harapan. Masing-masing pemenang juga mendapatkan plakat-sertifikat.

Berbeda dengan fotografi, lomba film pendek diperuntukkan bagi siswa siswi madrasah. Lomba ini bertemakan ‘Kepedulian, Kasih Sayang, dan Perjuangan’. Peserta lomba mengirim hasil karya dalam dua format: hard copy dalam bentuk mini DV atau DVD, dan soft copy dalam bentuk file MOV (Quicktime) atau .AVI. DVD harus dalam format NTSC. Durasi film 11 menit, dapat dibuat dengan selular (handphone) atau handycame. Jenis film bersifat bebas, dapat berupa dokumenter, fiksi atau non-fiksi, live-action, maupun animasi.

Peserta dapat mengirim lebih dari satu film. Setiap film diberi judul dan disertai sinopsis, maksimal 1.000 karakter dengan menyertakan nama pengirim, alamat jelas, nomor handphone, dan telepon rumah atau sekolah. Film yang dilombakan merupakan karya sendiri, dikirim paling lambat 30 Juni 2009 (stempel pos). Semua salinan (copy) film yang dikirim menjadi milik penyelenggara. Seperti halnya lomba fotografi, sepuluh finalis lomba film pendek akan diundang saat pengumuman dan penyerahan hadiah pada acara Ekspo Madrasah di Kota Malang, Jawa Timur, Juli 2009.

Kriteria lomba mengangkat isu seputar dunia pendidikan madrasah seperti pendidik, tenaga kepandidikan, siswa, orang tua, atau masyarakat sekitar. Tema dan alur film menggugah dan inspiratif, memiliki fokus cerita, informasi, kesan, pesan dan misi yang mudah dipahami, serta tidak melanggar nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, Rp 5 juta, dan Rp 3 juta disediakan kepada pemenang pertama, kedua, ketiga, dan pemenang harapan. Masing-masing pemenang juga mendapatkan plakat-sertifikat.
Foto dan film pendek yang diikutkan dalam lomba dikirim ke panitia Lomba Fotografi dan Film Pendek Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Direktorat Pendidikan Madrasah, Depag, Jl. Lapangan Banteng Barat No. 3-4, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: